Monday, 28 January 2019

Laporan Prakerin


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
               Kegiatan praktek kerja merupakan bagian dari kurikulum pendidikan sekolah menengah kejuruan yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan praktek kerja secara langsung didunia kerja sesuai dengan  program studi tertentu untuk mencapai keahlian bekerja sebagai bekal untuk menjadi pekerja professional didunia kerja.
               Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diterapkan suatu sistem pendidikan yang dikenai dengan istilah “Praktek kerja industri (PRAKERIN) “ sistem ini merupakan suatu penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan program pendidikan disekolah dengan penguasa keahlian didunia kerja untuk mencapai keahlian professional tertentu.
               Sehubungan dengan hal tersebut maka para siswa SMK pada jenjang tertentu diwajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja didunia yang merupakan sistem pendidikan untuk mencapai keahlian professional.
               Pelaksanaan pendidikan sistem ganda (PSG) yang selanjutnya disebut sebagai praktek kerja industri (PRAKERIN) sebagai perwujudan dan kebijaksanaan “link and match” atau (keterkaitan dan ketersepadanan) antara sekolah dan dunia kerja DU / DI selain agar siswa memiliki profesionalisme yang semakin meningkat sesuai dengan tuntutan kebutuhan DU / DI, juga siswa akan memiliki etos kerja yang meliputi : kemampuan kerja, motivasi kerja, misiatif, kreatifitas, hasil kerja yang berkualitas, disiplin waktu dan kerajinan dalam bekerja. oleh karena itu penulis mengambil judul “ Pelayanan Prima pada setiap Costomer” di LUWES BLORA.           

1.2     Tujuan Pelaksanaan PRAKERIN

1
 
                        PRAKERIN yang dilaksanakan oleh sekolah menengah kejuruan dengan tujuan sebagai beriku:
          1.    Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian berkualitas yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan ketentuan lapangan kerja.
          2.    Memperoleh link and match (kesetaraan dan kesepadanan) antara sekolah dan dunia kerja
          3.    Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas  
          4.    Memberi pengetahuan dan pengharapan terhadap pengalaman kerja.

1.3     Metode Pengumpulan Data
                        Dalam pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan ini penulis menggunakan metode pengumpulan data:
1.  Wawancara
     Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung kepada narasumber
2.  Observasi
     Penulis memperoleh data dengan mengamati kegiatan yang ada pada LUWES BLORA
3.  Studi Kepustakaan
     Data yang diperoleh penulis dengan membaca buku / catatan yang ada di hubungannya dengan penyusunan laporan ini

1.4     Sistematika Penulisan laporan
            Sistematika penulisan ini terdiri dari
-          BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini dibahas secara umum tentang latar belakang prakerin, tujuan pelaksanaan prakerin, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan laporan.
-          BAB II PEMBAHASAN
pada bab ini menjelaskan tentang kegiatan yang dilaksanakan selama prakerin di LUWES BLORA
-          BAB IV PENUTUP
bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang penulis berikan setelah melakukan PRAKERIN DI LUWES BLORA
-          LAMPIRAN
BAB II
PEMBAHASAN
2.1     Sejarah
                        Pertama kali yang dipikirkan dibenak masyarakat Blora ketika melihat LUWES BLORA adalah supermarket terbesar di bumi samin kabupaten BLORA, jawa tengah. supermarket atau mall yang berada di jantung kota blota ini merupakan salah satu lokasi untuk berbelanja baik belanja untuk kebutuhan sehari-hari maupun saat menjelang lebaran idul fitri, natal dan juga tahun baru.
                        LUWES BLORA terletak di jalan pemuda Nomor 75 BLORA, Jawa Tengah. lokasinya sangat dekat dengan Blok T atau komplek stasiun lama Blora. swalayan LUWES BLORA ini adalah salah satu pusat belanja diblora yang berdiri sejak tahun 2013 lalu. konsep bisnis LUWES BLORA tak mau kalah dengan Luwes Pati, Luwes Grobogan, Luwes Ngawi, Luwes Demak, Luwes Bojonegoro, Luwes Lamongan, Luwes Kudus, Luwes Juwana, Luwes Semarang, Luwes Kendal, Luwes Pemalang, Luwes salatiga, luwes Batang, Luwes Pekalongan, Luwes Brebes, Luwes Banyumas, Luwes Banjarnegara, Luwes Boyolali, dan sebagainya.
                        Selain Indomart, Alfamart diblora sebenarnya memiliki lokasi berbelanja atau swalayan besar seperti Luwes Blora, Bravo Cepu, MD Mall, Alfim Grub dan sebagainya. anda bisa kesana untuk sekedar jalan-jala, membeli baju, perlengkapan dapur, celana, kaos, mainan anak, sembako dan sebagainya.
                        Biasanya menjelang Ramadan dan lebaran Idul Fitri Luwes selalu mengadakan diskon besar-besaran tak hanya diskon untuk makanan dan minuman. diskon baju juga diberikan kepada masyarakat Blora sebagai swalayan besar di Blora. Luwes selalu membuka beberapa lowongan kerja. maka tidak heran hamper tiap tahun sejak berdirinya mall tersebut lowongan kerja diluwes Blora selalu terbuka untuk semua kalangan.


3
 
 

2.2     Pengertian Pelayanan Prima
                        Pelayanan prima adalah pelayanan yang sangat baik kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pelanggan. untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima telah di kembangkan konsep total quality managemen (TQM) yaitu sistem manajemen yang menyangkut semua managemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas serta kuantitas organisasi agar kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan terpenuhi.
2.3     Konsep Pengembangan Pelayanan Prima
2.3.1  Konsep Attitude (Sikap)
               calon pembeli sellau mengharapkan sikap dan perilaku yang baik dan menyenangkan dari pramuniaga agar kepuasan pembeli dapat terpenuhi, serta kemungkinan besar pengalamannya disampaikan pada pihak lain yang akhirnya menjadi promosi bagi perusahaan pelayanan berdasarkan sikap ini terdiri dari:
1. Penampilan serasi (cara berhias, cara berbusana, dan raut muka)
2. Berfikir positif (tidak mencari kesalahan pembeli, tidak apriori, dan melayani dengan hormat)
3.  Sikap menghargai (tutur bahasa baik, sikap sopan santun, mendengar saran dan mencatat pesanan, serta memenuhi kebutuhan dengan konsisten)
2.3.2  Konsep Attention (Perhatian)
     Untuk mendapat keinginan calon pembeli, penjual dapat menunukkan perhatian dengan cara berkomunikasi yang menarik. bentuk pelayanannya :
1. Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan
2. memperhatikan perilaku pelanggan
3. mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan
2.3.3 Konsep Action (Kegiatan)
     Dalam mengahadapi pembeli tak hanya berdasarkan sikap dan perhatian saja, tetapi harus diikuti tindakan. bentuk pelayanannya :

1. Mencatat pesanan pelanggan
2. Mencari kebutuhan
3. Penegasan kembali pesanan
4. mewujudkan kebutuhan pelanggan
5. Menyatakan terima kasih dengan harapan kembali membeli lagi
2.4     Jenis-jenis Pelayanan Prima
          Pelayanan prima 3 jenis:
2.4.1  Core Service
          Pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan yang merupakan produk utamanya, missal untuk hotel adalah penyediaan kamar
2.4.2  Facilitating Service
          Fasilitas pelayanan plus kepada pelanggan, missal mushola, kamar mandi, dll
2.4.3  Supporting Service
          Pelayanan tambahan / pendukung untuk meninggakatkan nilai pelayanan untuk membedakan dengan pelayanan-pelayanan dari pihak pesaingnya, misla hotel dan resto pada suatu tempat.













































2.6     Pentingnya Pelayanan Prima
               Suatu perusahaan yang ingin maju mengharapkan pelanggan untuk membeli barang atau jasanya da tetap menjaga agar pelanggan tetap membeli barangnya. walaupun banyak perusahaan-perusahaan menawarkan produk yang bersaing, tetapi tujuannya adalah menarik pelanggan yang sama.
               Sebagian besar orang-orang memberikan pelayanan yang terbaik, sebaliknya suatu saat kita mendapat pelayanan yang buruk. pengalaman ini tidak menyenangkan dan menjadikan kita tidak suka untuk mengingatnya.
               Jadi, pelayanan prima penting bagi perusahaan, pelanggan dan staff perusahaan penting bagi perusahaan karena dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dan membantu untuk mencerahkan masa depan bisnisnya. penting bagi pelanggan karena memberikan kombinasi untuk mengambil keputusan dalam pembelian dan memilih produk, serta menjamin untuk memenuhi kebutuhan, penting bagi staff perusahaan karena akan memberikan kebanggaan pada merk dan produknya.
2.7     Tujuan Pelayanan Prima
               Memuaskan sesuai keinginan pelanggan untuk mencapai hal itu diperlukan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pelanggan.
2.8     Contoh Pelayanan Prima di Luwes Blora
                        Pelanggan di swalayan menyapa pelanggan yang datang untuk berbelanja dengan ciri khasnya. karyawan memperhatikan kebutuhan custumernya pemberian diskon untuk menarik pelanggan.
2.9     Hal yang di Capai
            Hasil yang dicapai selama 2 bulan prakerin di Luwes Blora:
2.9.1    Memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah
2.9.2    Dapat membandingkan kemampuan yang diperoleh disekolah dengan yang dibutuhkan disunia kerja
2.9.3    Dapat mencapai alternative pemecah masalah yang timbul dalam dunia kerja
2.9.4    Dapat mengumpulkan data guna kepentingan sekolah dimasa yang akan datang
2.9.5    Dapat mengetahui seluk beluk pemasaran
2.9.6    Penulis memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja
2.9.7    Tau arti penting displin dan tanggung jawab dalam melaksanakan berbagai tugas
2.10   Waktu dan Tempat Pelaksanaan
          2.10.1     Waktu
                        Dilaksanakan selama 2 bulan mulai 28 Januari sampai dengan 01 April 2017

Jadwal Prakerin

                       Sift Pagi                                                    Sift Siang                   
Hari
Waktu

Hari
Waktu
Senin
08.00 s/d 15.10

Senin
14.00 s/d 21.30
Selasa
08.00 s/d 15.10

Selasa
14.00 s/d 21.30
Rabu
08.00 s/d 15.10

Rabu
14.00 s/d 21.30
Kamis
08.00 s/d 15.10

Kamis
14.00 s/d 21.30
Jum’at
08.00 s/d 15.10

Jum’at
14.00 s/d 21.30
Sabtu
08.00 s/d 15.10

Sabtu
14.00 s/d 21.30

          2.10.2     Tempat
                        Dilaksanakan di Luwes Blora


BAB III
PENUTUP
3.1     Kesimpulan
                        Luwes Blora adalah supermarket terbesar dibumi samin Blora yang didirikan sejak tahun 2013 lalu. supermarket yang berada dijantung kota merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Blora. bertempat di Jalan. Pemuda nomor 75 Blora lokasinya sangat dekat dengan Blok T (kompleks stasiun lama blora).

3.2     Saran
          1. Bagi Luwes
     - Lebih memperhatikan proses kerja karyawan
     - Kepada seluruh pegawai agar lebih disiplin
     - Meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan
2.  Bagi Sekolah
               Kami menyarankan kepada pihak sekolah atau atau guru yang telah ditunjuk sebagai pembimbing agar lebih memperhatikan kembali siswa-siswinya selama kegiatan prakerin.


9
 
 

No comments:

Post a Comment

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI PD. BPR BKK BLORA CABANG JATI

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL ) DI PD. BPR BKK BLORA CABANG JATI DISUSUN OLEH: 1. VIKI TRIANA SARI              ...