KATA
PENGANTAR
Dengan
nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, syukur Alhamdulillah
atas hidayah dan inayah-Nya yang telah diberikan, sehingga penulis dapat
menyelesaikan buku laporan PRAKERIN ini. Namun jauh dari sempurna, untuk itu
penulis memohon maaf atas banyaknya kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan
buku laporan ini. Tersusunnya buku laporan PRAKERIN ini tentu saja atas bantuan
dan penghargaan dari Bapak atau Ibu Guru beserta teman-teman sekalian. Maka
tiada kata yang pantas diucapkan oleh penulis selain terima kasih, khususnya
kepada :
1. Bapak
Yuswanto, S.Pd., M.Psi., selaku Kepala Sekolah
SMK Negeri 1 Jati.
2. Bapak
Sigit Rianto Dwi Prasetyo,
S.Pd., selaku Ketua Program
Keahlian Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor.
3. Bapak
Arif Wahyu Wantoro, S.Pd.,M.Pd.,
selaku pembimbing PRAKERIN
yang
senantiasa memberi motivasi dan pengarahan.
4. Kedua
orang tua saya yang senantiasa memberi do’a dan mencukupi kebutuhan saya.
5. Teman-teman
yang membantu dan menyusun buku laporan PRAKERIN ini serta memberi saran-saran
yang bermanfaat.
Demikian
ucapan terima kasih kepada semua pihak sehingga penulis dapat menyuguhkan buku
laporan PRAKERIN ini. Semoga ada berguna dan manfaat khususnya bagi penulis
umumnya pada pembaca.
Jati,
27 Juni 2020
Penulis1, Penulis
2,
Riski Pandu Winata Andi
Yoga Pratama
DAFTAR
ISI
Halaman Judul
......................................................................................................... i
Halaman Pengesahan................................................................................................ ii
Daftar Isi
................................................................................................................... iii
Daftar Gambar .......................................................................................................... iv
Daftar Lampiran ....................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.................................... ................................................................. 1
B. Respon DU/DI....................................................................................................... 1
C. Manfaat PKL......................................................................................................... 2
BAB II PROSES DAN HASIL BELAJAR DI DUDI
A. Gambaran Umum.................................................................................................. 3
B. Struktur Organisasi ............................................................................................. 3
C. Sejarah Singkat...................................................................................................... 4
D. Proses Belajar........................................................................................................ 4
E. Hasil
Belajar.......................................................................................................... 4
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................................. 6
B. Saran ..................................... ................................................................................. 6
LAMPIRAN
1. Foto Kegiatan........................................................................................................... 7
2. Jurnal
Kegiatan......................................................................................................... 8
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1.1 Servis
Karbu................................................................................................ 7
DAFTAR
LAMPIRAN
Jurnal Praktik
Kerja Lapangan (PKL)...................................................................................... 8
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Praktik
Kerja Industri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggara dari sekolah yang
memadukan secara sistematika dari sinkron antara program pendidikan sekolah
dari program penyelesaian yang diperoleh melalui kegiatan profesional. Dimana
keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsure utama
yaitu ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat
dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada. Sedangkan kita tidak
dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung
pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan sistem ganda dilaksanakan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Melalui
pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional
tersebut. Dimana kami para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut
diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dapat dan sekaligus mempelajari dunia
industri. Tanpa dilaksanakan pendidikan sistem ganda ini kita dapat langsung
terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui atau dan kondisi
lingkungan kerja.
Pada
saat ini sekolah kami dituntut untuk dapat lebih memahami teori yang didapat
selama KBM di sekolah dengan mengenal dunia luar atau dunia kerja. Oleh karena
itu, dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya dan
terutama di SMK Negeri 1 Jati. Pada akhir semester satu ini kami siswa SMK
Negeri 1 Jati diwajibkan untuk mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).
Dimana dengan adanya PKL siswa dapat memperoleh pengalaman tentang dunia kerja
dan siswa dapat menuliskan hasil Prakerin tersebut dalambentuk laporan.
Kegiatan
PKL ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK dan begitu juga di SMK
Negeri 1 Jati, agar siswa dapat membandingkan antara materi di sekolah dengan
dunia kerja.
B.
Respon DU/DI
DU/DI
merespon baik akan adanya siswa - siswi Praktik Kerja Lapangan dan
para pegawai di tempat DU/DI mau untuk mengajarkan dan membantu siswa - siswi prakerin
dan senang terhadap adanya siswa - siswi Praktik Kerja Lapangan karena dapat
membantu untuk sedikit meringankan pekerjaan para pegawai yang ada di tempat DU/DI.
C.
Manfaat PKL
Manfaat Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai
berikut :
1) Meningkatkan pengetahuan siswa pada
aspek-aspek usaha yang profesional dalam lapangan kerja antara lain struktur
jenjang karir dan teknik.
2) Mengimpelementasikan antara pendidikan di
sekolah dan di luar sekolah.
3)
Diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga baik guna memperbaiki
dengan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
4) Untuk
mencapai visi dan misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jati.
BAB
II
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN/INDUSTRI
A.
Gambaran Umum
NANO
Motor merupakan perusahaan yang bergerak
di bidang otomotif yang menyediakan pelayanan jasa bengkel dan spare-part. NANO
Motor telah dikembangkan dengan metode Perbengkelan sepeda motor yang lebih
kompeten dan berdaya saing.
Dengan hadirnya bengkel yang handal
perkembangan Bengkel NANO Motor telah menunjukan ketangguhannya dalam dunia
persaingan perbengkelan, dan berdasarkan poling masayarakat sekitar bengkel
yang telah menjadi konsumen, Bengkel NANO Motor
merupakan Bengkel umum baik di wilayah Ngembag Gabusan, oleh karena itu
kami sebagai team manajemen telah merumuskan untuk langkah kedepan dan untuk
mengantisipasi persaingan yang semakin ketat baik segi kualitas service dan
harga sparepart pada tahun 2019-2020.
B.
Struktur Organisasi

C. Sejarah Perusahaan
NANO
Motor adalah bengkel motor yang didirikan oleh Bapak Sulasno. Bengkel ini
beralamat di Desa Gabusan Dukuh Ngembag. Berkat kegigihan dan ketekunan beliau
Bengkel NANO Motor memiliki satu orang
karyawan yang handal di bidang perbengkelan. NANO Motor menawarkan beberapa jasa dan barang
sperti service motor, ganti oli, aksesoris, sparepart dll.
Visi
dan Misi Perusahaan
Sebagai
salah satu bengke NANO Motor yang menekankan segi kualitas dengan berkomitmen
untuk memberikan layanan dan solusi terbaik bagi pelanggan. Komitmen itu
tercemin dalam visi dan misi perusahaan untuk menjadi bengkel yang terpecaya.
1) Visi
Menjadi
perusahaan jasa bengkel sepeda motor yang terpercaya dan berkualitas,
serta memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan menjadi pusat penyediaan
spare part dan jasa service yang unggul.
2) Misi
$
Memberikan pelayanan yang
ramah, sopan, beretika dan terpercaya.
$
Membangun hubungan baik
dalam bidang bisnis dan sosial dengan konsumen.
$
Memprioritaskan kepuasan
konsumen dengan cara dengan
menerapkan konsep A3 yaitu: Attitude (sikap), Attention (perhatian),
dan Action (tindakan).
$
Memberikan solusi terbaik
pada peyediaan suku cadang dan jasa service yang berkualitas.
$
Menerapkan standar mutu
pada proses kerja dengan cara mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi secara
terus menerus.
$
Profesionalitas tenaga
kerja.
D.
Proses Belajar
Selama
proses pembalajaran para siswa di ajarkan berbagai hal seperti melayani para pelanggan
yang akan service karbu, ganti busi, ganti oli,
dan cara untuk melakukan service karbu, ganti oli, ganti busi. Selama
pembelajaran siswa di ajarkan berbagai hal yang tidak di ajarkan di Sekolah dan
mempelajari hal- hal baru
E.
Hasil Belajar
Dalam
belajar di DU/DI siswa mengetahui jenis- jenis kegiatan sehari-hari di lokasi
PKL memberi siswa untuk mendapat pengalaman yang belum di dapat di sekolah dan dapat
mengetahui situasi kondisi perusahan bengkel yang sebenaranya, menambah
pengetahuan tentang DU/DI, dapat mengunakan alat- alat kerja yang belum di
ketahui di Sekolah, meningkatkan Kedisplinan dan menjadi pribadi yang lebih
baik, dapat mengetahui cara melayani pelanggan, untuk mengetahui perbedaan
antara lingkungan DU/DI dengan lingkungan sekolah dan membantu siswa untuk
mempersiapkan diri untuk ke dunia kerja bila lulus nanti.
Adapun hasil
kegiatan yang saya kerjakan sebagai berikut :
1) Service karbu
2) Ganti busi
3) Ganti oli
4) Cara melakukan service karbu :
- Ambil peralatan yang dibutuhkan
- Pasang standar dua
- Membuka dek sepeda motor
- Lepaskan aliran bensin
- Lepaskan karbu
- Lepaskan bagian karbu
- Lalu bersihkan menggunakan kuas dan bensin
- Keringkan menggunakan angin kompresor
- Pasang kembali semua bagian karbu dan sambungkan
selang bensin
- Pasang kembali dek motor dengan kencang
- Cek kembali kenyamanan sepeda motor
5) Cara melakukan ganti oli :
- Tempatkan motor pada tempat ganti oli
- Siapkan kunci yang diperlukan
- Buka tutup oli
- Buka baud pembuangan oli
- Tunggu oli sampai kering pada mesin
- Semprotkan angin kedalam mesin
- Tutup kembali baud oli pembuangan pada mesin
- Masukan oli baru
- Tutup kembali tutup oli pada mesin
- Naikkan oli dengan cara diengkol
- Nyalakan mesin
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kegiatan
Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat
untuk kami sebagai siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana
cara kerja di lapangan sesuai dengan keahlian masing-masing siswa. Sehingga
setiap siswa dapat melihat gambaran mengenai kegiatan bidang usaha dimasa yang
akan datang, sehingga siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan
dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam
dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya
memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada
Praktik kerja industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis
melaksanakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), penulis merasa bangga bisa
mendapatkan ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh
banyak pengalaman.
Tujuan
lain Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah menambah wawasan yang luas bagi
kami sebagai siswa-siswi di SMK Negeri 1 Jati, terutama dalam bidang yang
ditempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni di ruangan pemilihan arsip,
penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama
ini, terutama pengetahuan tentang penyusunan laporan ini.
Praktik
Kerja Industri (PRAKERIN) telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian
masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih
kepada Bapak surya maruf'i fajar selaku pemilik bengkel yang telah bersedia
menerima penulis ada adanya untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) dan bersedia mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung.
B.
Saran
Semoga
hubungan antar pegawai tetap terjaga dan saling bekerjasama dalam mencapai
tujuan bersama, tentunya para siswa dan siswi mendapatkan banyak pelajaran dan
memiliki motivasi untuk tujuan dimasa depannya dan para guru pembimbing dapat
memberikan arahan juga perhatian untuk para siswa dan siswi Prakerin.
No comments:
Post a Comment