Wednesday, 8 July 2020

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI BENGKEL GATOT MOTOR


LAPORAN
PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI BENGKEL GATOT MOTOR 







DI SUSUN OLEH:
1. DUWI PRASETYO                                 XI TBSM 3
2. MUHAMAD NURDIANSYAH                         XI TBSM 3
3. MOCHAMAT AGUS SETIYAWAN     XI TBSM 3
4. ALLEGRA SENJA FEBRIANSYAH    XI TBSM 3












PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 JATI
2020
HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan judul PRAKTIK KERJA LAPANGAN di BENGKEL GATOT MOTOR, telah disetujui dan disahkan pada: 
                Hari                 : 
Tanggal           :
Di                    :  SMK NEGERI 1 JATI

Pendamping,                                                               Pembimbing,                                                   



VIKO ARDIANSYAH, A.Md                                 SLAMET RIYANTO      
NIP.- 


Mengetahui,
            Kepala SMK Negeri 1 Jati                                          Ketua Program Keahlian                                          



                                                                                                                                                                          
YUSWANTO, S.Pd., M.Psi.                                      SIGIT RIANTO DWI PRASETYO, S.Pd                                        
            NIP. 19740822 200903 1 003                                    NIP. -                         













KATA PENGANTAR

Dengan nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, syukur Alhamdulillah atas hidayah dan inayah-Nya yang telah diberikan, sehingga penulis dapat menyelesaikan buku laporan PRAKERIN ini. Namun jauh dari sempurna, untuk itu penulis memohon maaf atas banyaknya kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan buku laporan ini. Tersusunnya buku laporan PRAKERIN ini tentu saja atas bantuan dan penghargaan dari Bapak atau Ibu Guru beserta teman-teman sekalian. Maka tiada kata yang pantas diucapkan oleh penulis selain terima kasih, khususnya kepada :
1.    Bapak Yuswanto, S.Pd,M.Psi,selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Jati.
2.    Bapak Sigit Rianto Dwi Prasetyo,S.Pd, selaku Ketua Program Keahlian Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor.
3.    Bapak Viko Ardiansyah, A.Md, selaku pembimbing PRAKERIN yang senantiasa memberi motivasi dan pengarahan.
4.    Kedua orang tua saya yang senantiasa memberi do’a dan mencukupi kebutuhan saya.
5.    Teman-teman yang membantu dan menyusun buku laporan PRAKERIN ini serta memberi saran-saran yang bermanfaat.
Demikian ucapan terima kasih kepada semua pihak sehingga penulis dapat menyuguhkan buku laporan PRAKERIN ini. Semoga ada berguna dan manfaat khususnya bagi penulis umumnya pada pembaca.


Randublatung, 7 Juli 2020                                                         
Penulis 1,                     Penulis 2,                     Penulis 3,                     Penulis 4,    




Duwi Prasetyo         M. Nurdiansyah                         M. Agus  S                  Allegra Senja  F                                                    








DAFTAR ISI

Halaman Judul .........................................................................................................              i
Halaman Pengesahan................................................................................................              ii
Daftar Isi ...................................................................................................................             iii
Daftar Gambar ..........................................................................................................             iv
Daftar Lampiran .......................................................................................................             v

BAB I PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang.................................... .................................................................             1  
B.   Respon Dudi..........................................................................................................            1
C.   Manfaat PKL.........................................................................................................            2
BAB II PROSES DAN HASIL BELAJAR DI DUDI
A.  Gambaran Umum..................................................................................................             3
B.   Struktur Organisasi   .............................................................................................            3
C.   Sejarah Singkat......................................................................................................            4
D.  Proses Belajar........................................................................................................             4
E.   Hasil Belajar..........................................................................................................             4
BAB III PENUTUP
A.  Kesimpulan.............................................................................................................           6
B.   Saran ..................................... .................................................................................          6
LAMPIRAN
1.  Foto DU/DI..............................................................................................................          7
2.  Foto Kegiatan...........................................................................................................          7
3.  Jurnal Kegiatan.........................................................................................................          8





DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1 Foto DU/DI...................................................................................................     7
Gambar 2.1 Ganti kampas kopling...................................................................................      7
Gambar 2.2 Bongkar mesin...............................................................................................     7
Gambar 2.3 Tambal ban ...................................................................................................      7
Gambar 2.4 Nyekur...........................................................................................................     7




























DAFTAR LAMPIRAN

1. Foto DU/DI..............................................................................................................          7
2. Foto Kegiatan...........................................................................................................          7
3. Jurnal Kegiatan.........................................................................................................          8





























BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggara dari sekolah yang memadukan secara sistematika dari sinkron antara program pendidikan sekolah dari program penyelesaian yang diperoleh melalui kegiatan profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsure utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada. Sedangkan kita tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan sistem ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Melalui pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana kami para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa dilaksanakan pendidikan sistem ganda ini kita dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui atau dan kondisi lingkungan kerja.
Pada saat ini sekolah kami dituntut untuk dapat lebih memahami teori yang didapat selama KBM di sekolah dengan mengenal dunia luar atau dunia kerja. Oleh karena itu, dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya dan terutama di SMK Negeri 1 Jati. Pada akhir semester satu ini kami siswa SMK Negeri 1 Jati diwajibkan untuk mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). Dimana dengan adanya PKL siswa dapat memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan siswa dapat menuliskan hasil Prakerin tersebut dalambentuk laporan.
Kegiatan PKL ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK dan begitu juga di SMK Negeri 1 Jati, agar siswa dapat membandingkan antara materi di sekolah dengan dunia kerja. 

B. Respon DU/DI

DU/DI merespon baik akan adanya siswa - siswi Praktek Kerja Lapangan   dan para pegawai di tempat DU/DI mau untuk mengajarkan dan membantu siswa - siswi prakerin dan senang terhadap adanya siswa - siswi Praktek Kerja Lapangan karena dapat membantu untuk sedikit meringankan pekerjaan para  pegawai yang ada di tempat DU/DI.  









C. Manfaat PKL

Manfaat  Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai berikut :
1)        Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang profesional dalam lapangan kerja antara lain struktur jenjang karir dan teknik.
2)        Mengimpelementasikan antara pendidikan di sekolah dan di luar sekolah.
3)        Diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga baik guna memperbaiki dengan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
4)        Untuk mencapai visi dan misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jati.

































BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/INDUSTRI

A. Gambaran Umum

GATOT MOTOR merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang menyediakan pelayanan jasa bengkel dan spare-part. GATOT MOTOR telah dikembangkan dengan metode Perbengkelan sepeda motor yang lebih kompeten dan berdaya saing.
 Dengan hadirnya bengkel yang handal perkembangan Bengkel GATOT MOTOR telah menunjukan ketangguhannya dalam dunia persaingan perbengkelan, dan berdasarkan poling masayarakat sekitar bengkel yang telah menjadi konsumen, Bengkel GATOT MOTOR  merupakan Bengkel umum baik di wilayah Dk. Kadengan Ds. Kadengan Kecamatan Randublatung, oleh karena itu kami sebagai team manajemen telah merumuskan untuk langkah kedepan dan untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat baik segi kualitas service dan harga sparepart pada tahun 2019-2020.
                                           

B. Struktur Organisasi

 
STRUKTUR ORGANISASI BENGKEL GATOT MOTOR
PEMILIK
  SLAMET RIYANTO
MONTIR
DEDI

 






















C.   Sejarah Perusahaan
Gatot Motor adalah bengkel motor yang didirikan oleh Bapak Slamet Riyanto. Bengkel ini beralamat di Dk. Kadengan Ds. Kadengan Kecamatan Randublatung. Berkat kegigihan dan ketekunan beliau Bengkel GATOT MOTOR yg di kelola oleh beliau sendiri bidang perbengkelan. GATOT MOTOR menawarkan beberapa jasa dan barang sperti service motor, ganti oli, aksesoris, sparepart dll.

Visi dan Misi Perusahaan
Sebagai salah satu bengke GATOT MOTOR yang menekankan segi kualitas dengan berkomitmen untuk memberikan layanan dan solusi terbaik bagi pelanggan. Komitmen itu tercemin dalam visi dan misi perusahaan untuk menjadi bengkel yang terpecaya.

1)     Visi
Menjadi pusat reparasi motor yang menyediakan spare part dan jasa servis yang mengutamakan pada kepuasan pelanggan didukung dengan peralatan yang memadai dan tenaga ahli yang kompeten serta pelayanan yang optimal dan terpercaya.

2)     Misi
§  Memberikan solusi terbaik pada peyediaan suku cadang terbaik dan reparasi yang terpercaya.
§ Memberikan pelayanan terbaik dan standart mutu pada Pelanggan dengan menjalankan proses kerja terbaik sehingga tercapai kepuasan Pelanggan.
§  Selalu mendahulukan kepentingan pelanggan dan karyawan sebelum keuntungan untuk perusahaan.
§ Mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi secara terus menerus untuk diimplementasikan dengan cara yang benar.

 

D. Proses Belajar

Selama proses pembalajaran para siswa di ajarkan berbagai hal seperti melayani para pelanggan yang akan service karbu, ganti busi, ganti oli, ganti kampas rem, dan cara untuk melakukan service karbu, ganti oli, ganti busi. Selama pembelajaran siswa di ajarkan berbagai hal yang tidak di ajarkan di Sekolah dan mempelajari hal- hal baru.

E. Hasil Belajar

Dalam belajar di DU/DI siswa mengetahui jenis- jenis kegiatan sehari-hari di lokasi PKL memberi siswa untuk mendapat pengalaman yang  belum di dapat di sekolah dan dapat mengetahui situasi kondisi perusahan bengkel yang sebenaranya, menambah pengetahuan tentang DU/DI, dapat mengunakan alat- alat kerja yang belum di ketahui di Sekolah, meningkatkan Kedisplinan dan menjadi pribadi yang lebih baik, dapat mengetahui cara melayani pelanggan, untuk mengetahui perbedaan antara lingkungan DU/DI dengan lingkungan sekolah dan membantu siswa untuk mempersiapkan diri untuk ke dunia kerja bila lulus nanti.
Adapun hasil kegiatan yang saya kerjakan sebagai berikut :
1)      Service karbu
2)      Ganti busi
3)      Ganti oli
4)      Ganti kampas rem
5)      Cara melakukan service karbu :
-      Ambil peralatan yang dibutuhkan
-      Pasang standar dua
-      Membuka dek sepeda motor
-      Lepaskan aliran bensin 
-      Lepaskan karbu 
-      Lepaskan bagian karbu
-      Lalu bersihkan menggunakan kuas dan bensin
-      Keringkan menggunakan angin kompresor
-      Pasang kembali semua bagian karbu dan sambungkan selang bensin
-      Stel karburator dengan benar
-      Pasang kembali dek motor dengan kencang 
-      Cek kembali kenyamanan sepeda motor

6)      Cara melakukan ganti oli :
-      Tempatkan motor pada tempat ganti oli
-      Siapkan kunci yang diperlukan
-      Buka tutup oli
-      Buka baut pembuangan oli
-      Tunggu oli sampai kering pada mesin
-      Semprotkan angin kompresor kedalam mesin
-      Tutup kembali baut oli pembuangan pada mesin
-      Masukan oli baru
-      Tutup kembali tutup oli pada mesin
-      Naikkan oli dengan cara diengkol
-      Nyalakan mesin









BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk kami sebagai siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara kerja di lapangan sesuai dengan keahlian masing-masing siswa. Sehingga setiap siswa dapat melihat gambaran mengenai kegiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, sehingga siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), penulis merasa bangga bisa mendapatkan ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah menambah wawasan yang luas bagi kami sebagai siswa-siswi di SMK Negeri 1 Jati, terutama dalam bidang yang ditempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni di ruangan pemilihan arsip, penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama ini, terutama pengetahuan tentang penyusunan laporan ini.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Slamet Riyanto selaku pemilik bengkel yang telah bersedia menerima penulis ada adanya untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan bersedia mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung.

B. Saran

Semoga hubungan antar pegawai tetap terjaga dan saling bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama, tentunya para siswa dan siswi mendapatkan banyak pelajaran dan memiliki motivasi untuk tujuan dimasa depannya dan para guru pembimbing dapat memberikan arahan juga perhatian untuk para siswa dan siswi Prakerin.





No comments:

Post a Comment

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI PD. BPR BKK BLORA CABANG JATI

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL ) DI PD. BPR BKK BLORA CABANG JATI DISUSUN OLEH: 1. VIKI TRIANA SARI              ...