LAPORAN
PRAKTIK
KERJA LAPANGAN (PKL)
DI BENGKEL GATOT
MOTOR
DI SUSUN OLEH:
1. DUWI PRASETYO XI
TBSM 3
2. MUHAMAD NURDIANSYAH XI
TBSM 3
3. MOCHAMAT AGUS SETIYAWAN XI
TBSM 3
4. ALLEGRA SENJA FEBRIANSYAH XI
TBSM 3
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI
1 JATI
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan judul PRAKTIK KERJA LAPANGAN di
BENGKEL GATOT MOTOR, telah disetujui dan disahkan pada:
Hari
:
Tanggal :
Di : SMK NEGERI 1 JATI
Pendamping,
Pembimbing,
VIKO ARDIANSYAH, A.Md SLAMET
RIYANTO
NIP.-
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Jati Ketua
Program Keahlian
YUSWANTO, S.Pd., M.Psi. SIGIT RIANTO DWI PRASETYO, S.Pd
NIP.
19740822 200903 1 003 NIP. -
KATA PENGANTAR
Dengan nama Allah SWT
yang maha pengasih lagi maha penyayang, syukur Alhamdulillah atas hidayah dan
inayah-Nya yang telah diberikan, sehingga penulis dapat menyelesaikan buku
laporan PRAKERIN ini. Namun jauh dari sempurna, untuk itu penulis memohon maaf
atas banyaknya kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan buku laporan ini.
Tersusunnya buku laporan PRAKERIN ini tentu saja atas bantuan dan penghargaan
dari Bapak atau Ibu Guru beserta teman-teman sekalian. Maka tiada kata yang
pantas diucapkan oleh penulis selain terima kasih, khususnya kepada :
1. Bapak
Yuswanto, S.Pd,M.Psi,selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Jati.
2. Bapak
Sigit Rianto Dwi Prasetyo,S.Pd, selaku Ketua Program Keahlian Teknik Dan Bisnis
Sepeda Motor.
3. Bapak
Viko Ardiansyah, A.Md, selaku pembimbing PRAKERIN yang senantiasa memberi
motivasi dan pengarahan.
4. Kedua
orang tua saya yang senantiasa memberi do’a dan mencukupi kebutuhan saya.
5. Teman-teman
yang membantu dan menyusun buku laporan PRAKERIN ini serta memberi saran-saran
yang bermanfaat.
Demikian ucapan terima
kasih kepada semua pihak sehingga penulis dapat menyuguhkan buku laporan
PRAKERIN ini. Semoga ada berguna dan manfaat khususnya bagi penulis umumnya
pada pembaca.
Randublatung, 7 Juli 2020
Penulis 1, Penulis
2, Penulis
3, Penulis
4,
Duwi Prasetyo M. Nurdiansyah M. Agus
S Allegra
Senja F
DAFTAR ISI
Halaman Judul ......................................................................................................... i
Halaman
Pengesahan................................................................................................ ii
Daftar Isi ................................................................................................................... iii
Daftar Gambar
.......................................................................................................... iv
Daftar Lampiran
....................................................................................................... v
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang....................................
................................................................. 1
B. Respon
Dudi..........................................................................................................
1
C. Manfaat
PKL......................................................................................................... 2
BAB II PROSES DAN HASIL BELAJAR DI DUDI
A. Gambaran
Umum..................................................................................................
3
B. Struktur
Organisasi
.............................................................................................
3
C. Sejarah
Singkat......................................................................................................
4
D. Proses
Belajar........................................................................................................
4
E. Hasil
Belajar.......................................................................................................... 4
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan.............................................................................................................
6
B. Saran
.....................................
.................................................................................
6
LAMPIRAN
1. Foto
DU/DI..............................................................................................................
7
2. Foto
Kegiatan........................................................................................................... 7
3. Jurnal
Kegiatan.........................................................................................................
8
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.1
Foto
DU/DI................................................................................................... 7
Gambar 2.1
Ganti kampas kopling................................................................................... 7
Gambar 2.2
Bongkar
mesin............................................................................................... 7
Gambar 2.3 Tambal ban ................................................................................................... 7
Gambar 2.4
Nyekur........................................................................................................... 7
DAFTAR LAMPIRAN
1. Foto
DU/DI..............................................................................................................
7
2. Foto
Kegiatan........................................................................................................... 7
3.
Jurnal
Kegiatan.........................................................................................................
8
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
adalah suatu bentuk penyelenggara dari sekolah yang memadukan secara
sistematika dari sinkron antara program pendidikan sekolah dari program
penyelesaian yang diperoleh melalui kegiatan profesional. Dimana keahlian
profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsure utama yaitu ilmu
pengetahuan, teknik, dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan
dikuasai kapan dan dimana saja kita berada. Sedangkan kita tidak dapat
diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan
pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan sistem ganda dilaksanakan untuk
memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Melalui
pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang
profesional tersebut. Dimana kami para siswa yang melaksanakan pendidikan
tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dapat dan sekaligus mempelajari
dunia industri. Tanpa dilaksanakan pendidikan sistem ganda ini kita dapat
langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui atau dan kondisi
lingkungan kerja.
Pada saat ini sekolah kami dituntut
untuk dapat lebih memahami teori yang didapat selama KBM di sekolah dengan
mengenal dunia luar atau dunia kerja. Oleh karena itu, dengan kurikulum yang
diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya dan terutama di SMK Negeri 1 Jati.
Pada akhir semester satu ini kami siswa SMK Negeri 1 Jati diwajibkan untuk
mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). Dimana dengan adanya PKL siswa
dapat memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan siswa dapat menuliskan
hasil Prakerin tersebut dalambentuk laporan.
Kegiatan PKL ini juga merupakan salah
satu persyaratan di SMK dan begitu juga di SMK Negeri 1 Jati, agar siswa dapat
membandingkan antara materi di sekolah dengan dunia kerja.
B. Respon DU/DI
DU/DI merespon baik akan adanya siswa -
siswi Praktek Kerja Lapangan dan para
pegawai di tempat DU/DI mau untuk mengajarkan dan membantu siswa - siswi
prakerin dan senang terhadap adanya siswa - siswi Praktek Kerja Lapangan karena
dapat membantu untuk sedikit meringankan pekerjaan para pegawai yang ada di tempat DU/DI.
C. Manfaat PKL
Manfaat Praktek
Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai berikut :
1)
Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek
usaha yang profesional dalam lapangan kerja antara lain struktur jenjang karir
dan teknik.
2)
Mengimpelementasikan antara pendidikan di
sekolah dan di luar sekolah.
3)
Diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan yang
berharga baik guna memperbaiki dengan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan
kenyataan yang ada di lapangan.
4)
Untuk mencapai visi dan misi Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jati.
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/INDUSTRI
A.
Gambaran Umum
GATOT MOTOR merupakan perusahaan yang
bergerak di bidang otomotif yang menyediakan pelayanan jasa bengkel dan
spare-part. GATOT MOTOR telah dikembangkan dengan metode Perbengkelan sepeda
motor yang lebih kompeten dan berdaya saing.
Dengan hadirnya bengkel yang handal
perkembangan Bengkel GATOT MOTOR telah menunjukan ketangguhannya dalam dunia
persaingan perbengkelan, dan berdasarkan poling masayarakat sekitar bengkel
yang telah menjadi konsumen, Bengkel GATOT MOTOR merupakan Bengkel umum baik di wilayah Dk.
Kadengan Ds. Kadengan Kecamatan Randublatung, oleh karena itu kami sebagai team
manajemen telah merumuskan untuk langkah kedepan dan untuk mengantisipasi
persaingan yang semakin ketat baik segi kualitas service dan harga sparepart
pada tahun 2019-2020.
B.
Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI
BENGKEL GATOT MOTOR
|
PEMILIK
SLAMET RIYANTO
|
MONTIR
DEDI
|
C. Sejarah Perusahaan
Gatot Motor adalah bengkel
motor yang didirikan oleh Bapak Slamet Riyanto. Bengkel ini beralamat di Dk. Kadengan Ds. Kadengan Kecamatan
Randublatung.
Berkat kegigihan dan ketekunan beliau Bengkel GATOT MOTOR yg di kelola oleh
beliau sendiri bidang perbengkelan. GATOT MOTOR menawarkan beberapa jasa dan barang
sperti service motor, ganti oli, aksesoris, sparepart dll.
Visi dan Misi Perusahaan
Sebagai salah satu bengke GATOT
MOTOR yang menekankan segi kualitas dengan berkomitmen untuk memberikan layanan
dan solusi terbaik bagi pelanggan. Komitmen itu tercemin dalam visi dan misi
perusahaan untuk menjadi bengkel yang terpecaya.
1) Visi
Menjadi pusat reparasi motor
yang menyediakan spare part dan jasa servis yang mengutamakan pada kepuasan
pelanggan didukung dengan peralatan yang memadai dan tenaga ahli yang kompeten
serta pelayanan yang optimal dan terpercaya.
2) Misi
§ Memberikan solusi terbaik pada peyediaan suku
cadang terbaik dan reparasi yang terpercaya.
§ Memberikan pelayanan
terbaik dan standart mutu pada Pelanggan dengan menjalankan proses kerja
terbaik sehingga tercapai kepuasan Pelanggan.
§ Selalu mendahulukan kepentingan pelanggan dan
karyawan sebelum keuntungan untuk perusahaan.
§ Mengikuti perkembangan
ilmu dan teknologi secara terus menerus untuk diimplementasikan dengan cara
yang benar.
D. Proses Belajar
Selama proses pembalajaran
para siswa di ajarkan berbagai hal seperti melayani para pelanggan yang akan service
karbu, ganti
busi, ganti oli,
ganti kampas rem, dan cara untuk melakukan service karbu, ganti oli, ganti busi.
Selama pembelajaran siswa di ajarkan berbagai hal yang tidak di ajarkan di
Sekolah dan mempelajari hal- hal baru.
E.
Hasil Belajar
Dalam belajar di DU/DI siswa mengetahui
jenis- jenis kegiatan sehari-hari di lokasi PKL memberi siswa untuk mendapat
pengalaman yang belum di dapat di
sekolah dan dapat mengetahui situasi kondisi perusahan bengkel yang
sebenaranya, menambah pengetahuan tentang DU/DI, dapat mengunakan alat- alat
kerja yang belum di ketahui di Sekolah, meningkatkan Kedisplinan dan menjadi
pribadi yang lebih baik, dapat mengetahui cara melayani pelanggan, untuk
mengetahui perbedaan antara lingkungan DU/DI dengan lingkungan sekolah dan
membantu siswa untuk mempersiapkan diri untuk ke dunia kerja bila lulus nanti.
Adapun hasil kegiatan yang saya kerjakan sebagai
berikut :
1) Service
karbu
2) Ganti
busi
3) Ganti
oli
4) Ganti kampas rem
5) Cara
melakukan service karbu :
- Ambil
peralatan yang dibutuhkan
- Pasang
standar dua
- Membuka
dek sepeda motor
- Lepaskan
aliran bensin
- Lepaskan
karbu
- Lepaskan
bagian karbu
- Lalu
bersihkan menggunakan kuas dan bensin
- Keringkan
menggunakan angin kompresor
- Pasang
kembali semua bagian karbu dan sambungkan selang bensin
- Stel karburator dengan benar
- Pasang
kembali dek motor dengan kencang
- Cek
kembali kenyamanan sepeda motor
6) Cara
melakukan ganti oli :
- Tempatkan
motor pada tempat ganti oli
- Siapkan
kunci yang diperlukan
- Buka
tutup oli
- Buka
baut pembuangan oli
- Tunggu
oli sampai kering pada mesin
- Semprotkan
angin kompresor kedalam mesin
- Tutup
kembali baut oli pembuangan pada mesin
- Masukan
oli baru
- Tutup
kembali tutup oli pada mesin
- Naikkan
oli dengan cara diengkol
- Nyalakan
mesin
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk kami sebagai siswa
dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara kerja di lapangan
sesuai dengan keahlian masing-masing siswa. Sehingga setiap siswa dapat melihat
gambaran mengenai kegiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, sehingga
siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan
kesempatan kerja.
Dalam dunia usaha dibutuhkan
kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan
yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja industri ini
diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN), penulis merasa bangga bisa mendapatkan ilmu yang belum
pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) adalah menambah wawasan yang luas bagi kami sebagai siswa-siswi di
SMK Negeri 1 Jati, terutama dalam bidang yang ditempatinya. Adapula tempat yang
disukai yakni di ruangan pemilihan arsip, penulis bisa belajar dan dapat
mengetahui yang belum penulis dapatkan selama ini, terutama pengetahuan tentang
penyusunan laporan ini.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) telah
terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan
apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Slamet Riyanto
selaku pemilik bengkel yang telah bersedia menerima penulis ada adanya untuk
melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan bersedia mendampingi penulis
selama Prakerin berlangsung.
B. Saran
Semoga
hubungan antar pegawai tetap terjaga dan saling bekerjasama dalam mencapai
tujuan bersama, tentunya para siswa dan siswi mendapatkan banyak pelajaran dan
memiliki motivasi untuk tujuan dimasa depannya dan para guru pembimbing dapat
memberikan arahan juga perhatian untuk para siswa dan siswi Prakerin.
No comments:
Post a Comment