LAPORAN
PRAKTIK
KERJA LAPANGAN (PKL)
DI
DINAS DALDUK & KB
DISUSUN OLEH :
1. SANTI ISMA HARYANI
( XII OTKP 1 )
2. SRI PUJIATI
( XII OTKP 2 )
3. RIBUT PRASETYO ( XII OTKP 2 )
PEMERINTAH PROVINSI JAWA
TENGAH
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 JATI
2020
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Kegiatan Praktik
Kerja Lapangan (PKL) dengan judul Praktik Kerja Lapangan di Dinas DALDUK &
KB, telah disetujui dan disahkan pada :
Hari :
Tanggal :
Di : SMK NEGERI 1 JATI
Pendamping,
Pembimbing,
SULIS SUSILOWATI, S.Pd SULASTRI, S.Sos.MM
NIP. NIP. 19730904 199203 2 003
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 JATI Ketua Kompetensi Keahlian
YUSWANTO, S.Pd., M.Psi WIWIT DWIPRIHATNI,
S.Pd
NIP.
19740822 200903 1 003 NIP.
DAFTAR
ISI
Halaman Judul................................................................................................................. i
Halaman Pengesahaan..................................................................................................... ii
Dartar Isi......................................................................................................................... iii
Daftar Gambar................................................................................................................ iv
Daftar Lampiran............................................................................................................. v
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang................................................................................................... 1
B. Respon
DU/DI................................................................................................... 1
C.
Manfaat PKL..................................................................................................... 2
BAB
II PROSES DAN HASIL BELAJAR DI DU/DI
A.
Gambaran Umum............................................................................................... 3
B. Struktur
Organisasi............................................................................................ 3
C. Sejarah
Singkat.................................................................................................. 4
D. Proses
Belajar..................................................................................................... 4
E.
Hasil Belajar....................................................................................................... 5
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan......................................................................................................... 6
B.
Saran .................................................................................................................. 6
LAMPIRAN
1.
Foto DU/DI......................................................................................................... 7
2.
Foto Kegiatan...................................................................................................... 7
3.
Jurnal Kegiatan.................................................................................................... 9
4.
Lain-lain...............................................................................................................
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1.1 Foto
DU/DI..................................................................................................... 7
Gambar 2.1 Membersihkan gudang ................................................................................... 7
Gambar 2.2 Foto Kegiatan selesai apel pagi....................................................................... 7
Gambar 2.3 Mempersiapkan
apel........................................................................................ 8
Gambar 2.4 Membantu warung KB.................................................................................... 8
DAFTAR
lAMPIRAN
1.
Foto DU/DI......................................................................................................... 7
2.
Foto Kegiatan...................................................................................................... 7
3.
Jurnal Kegiatan.................................................................................................... 9
4.
Lain-lain...............................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) adalah sebuah pelatihan
dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang
relevan dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya masing masing, dalam upaya
meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk
masa masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat
dalam persaingannya seperti saat ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak peralatan baru yang diciptakan guna
menunjang banyaknya permintaan produksi barang atau jasa yang menimbulkan
perubahan mendasar untuk mendapat pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut
bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel
dan berwawasan lebih luas, inovatif serta didukung dengan keterampilan yang
kompeten, maka dengan adanya kegiatan PKL siswa dan siswi dapat mengasah dan
juga mengimplementasikan materi yang didapatkannya di sekolah langsung ke dunia
usaha atau dunia industri yang relevan dengan kemampuannya masing masing.
Dalam upaya untuk mewujudkan
Visi dan Misi nya, SMK NEGERI 1 JATI melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadikan siswa dan
siswi yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal
itu tidak dapat diraih dengan mudah, tidak hanya dengan belajar berbagai teori
yang berada di sekolah, namun seorang siswa atau siswi harus belajar mengenai
bagaimana lingkungan yang berada di dunia kerja dan tentunya bagaimana
pekerjaaan yang akan dihadapinya nanti selepas lulus dari sekolah.
B. RESPON DU/DI
Selama
kami melakukan kegiatan PKL di kantor Dinas Dalduk & Kb kabupaten Blora. Kami
diperlakukan dan dihargai dengan baik, kamipun diterima dengan senang hati
karena merasa terbantu dari pekerjaan yang berat. Sikap-sikap pegawai kantor
terhadap kamipun sangat ramah, mereka juga dengan penuh kesabaran dalam menyikapi
dan mendidik serta memberikan arahan kepada kami para anak PKL.
C. MANFAAT PRAKTIK KERJA LAPANGAN
1. Manfaat Prakerin Bagi Siswa
a.
Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki
keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan zaman.
b.
Mengasah keterampilan yang di berikan sekolah menengah
kejuruan ( SMK ).
c.
Menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan – gagasan
seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal.
d.
Membentuk pola pikir siswa -siswi agar terkonstruktif
baik serta memberikan pengalaman dalam dunia Industri maupun dunia kerja
e.
Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan
perusahan terkait,baik dunia usaha maupun dunia industri.
f.
Mengenalkan siswa-siswi pada pekerjaan lapangandidunia
indusrti dan usaha sehingga pada saatnya mereka terjun ke lapangan pekerjaan
yang sesungguhnya dapat beradaptasi dengan cepat
2. Manfaat Prakerin Bagi Sekolah
a.
Meningkatkan citra sekolah
b.
Meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat.
c.
Meningkatkan popularitas sekolah di mata masyarakat.
d.
Memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi dunia
kerja
e.
Menjalankan kewajiban undang-undang
3. Manfaat Prakerin Bagi Perusahaan
Perusahaan sendiri mendapat manfaat yang cukup banyak,
yaitu :
a.
Mendapatkan tenaga kerja sementara.
b.
Mendukung program pendidikan pemerintah
c.
Meningkatkan citra perusahaan.
BAB II
PROSES DAN HASIL BELAJAR DI DU/DI
`
A. GAMBARAN
UMUM
Dinas
Pengendalian Penduduk dan Keluarga
Berencana, mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan
daerah di bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.
Mengingat juga Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Kementrian/Lembaga
Pemerintah Non kementrian, Keputusan Presiden
Nomor 103 Tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja
Lembaga Pemerintah Non Kementerian, yang telah
beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2013, Keputusan Presiden Nomor 110 Tahun 2001
tentang Unit Organisasi dan Tugas Eselon I
Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun
2013, Peraturan Kepala Badan Kependudukan
dan Keluarga Berencana Nomor 163 Tahun 2016 tentang Pedoman
Nomenklatur, Tugas dan Fungsi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Provinsi,
Kabupaten dan Kota, serta Peraturan Kepala BKKBN nomor 162 tahun 2016 tentang
bentuk kelembagaan Dinas Pengendalian Penduduk
dan Keluarga Berencana yang berdiri sendiri dan ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah.
B. STRUKTUR ORGANISASI
C. SEJARAH
SINGKAT
Visi
Terwujudnya Masyarakat
Blora yang Lebih Sejahtera dan Bermartabat
Misi
1.
Mewujudkan pemerintah yang efektif bersih KKN, dan
demokratis, melaksanakan reformasi birokrasi dalam rangka peningkatan pelayanan
publik.
2.
Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pendapatan
masyarakat dan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya daerah yang ramah
lingkungan dan berkesinambungan.
3.
Meningkatkan iklim kondusif dan kerjasama dengan
pihak-pihak berkepentingan serta menciptakan lapangan kerja dan pengembangan
inventasi.
4.
Meningkatkan Kualitas sumber daya manusia, kualitas
pelayanan bidang pendidikan, kesehatan, sosial dasar, pemberdayaan masyarakat
dan lainnya serta memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kearifan lokal.
5.
Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan
prasarana publik.
6.
Mewujudkan dan mendorong tersusunnya kebijakan
daerah yang berpihak pada masyarakat miskin (Pro Poor), pro job, prow growth,
pro environment dan pro gender
7. Mewujudkan penegakan
supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).
D. PROSES
BELAJAR
RUANG LINGKUP PKL
1.
Apel pagi
Merupakan kegiatan harian lingkup DINAS DALDUK & KB Provinsi Jawa Tengah sebelum
memulai hari di waktu pagi. Apel pagi bertujuan untuk membangun kedisiplinan
pegawai, dalam apel pagi, pembina apel memberikan sepatah dua patah kata untuk
membangun semangat, maupun mengevaluasi kinerja-kinerja pegawai secara singkat.
Ditutup dengan doa pagi agar pekerjaan yang dikerjakan dapat dilaksanakan
dengan lancar juga berkah.
2.
Senam Pagi
Kegiatan yang dilakukan pada jumat
pagi ini bertujuan untuk membangun sportifitas para pegawai, kegiatan ini
ditutup dengan sarapan pagi bersama
3.
Mengarsipkan dokumen
Yaitu penyimpanan dokumen-dokumen
seperti surat masuk dan salinan surat keluar. Pengarsipan dilakukan secara
manual dengan mengumpulkan surat beserta lembar disposisi untuk selanjutnya
dikumpulkan dan disimpan di stomap sesuai dengan tanggal masuk dan keluar
surat. Hal ini dilakukan untuk mempermudah menemukan dokumen apabila diperlukan
serta menjaga dokumen agar tetap rapi dan aman dari ancaman kerusakan dan
kehilangan.
4.
Mencatat dan Mengagenda Surat
Surat yang masuk atau keluar di
Bidang Statistik dan Monev dicatat di buku agenda surat sesuai dengan lembar
disposisi agar jelas nomor,tanggal, sumber dan tujuan dari surat dan kemudian
di agendakan unutk diteruskan ke bagian yang dituju seperti Kepala Bidang
Statistik dan Monev.
5.
Membantu Pekerjaan Pegawai
Seperti mengoprasikan kembali
komputer, printer, yang sudah lama tak terpakai agar menghemat pengeluaran
kantor, persiapan rapat, mengantar surat keseluruh bidang, mengantar buku
seperti LAKIP dan majalah TEROKA ke seluruh SKPD, input data RKA secara online
dan lain-lain.
E. HASIL BELAJAR
Setelah 3 ( tiga ) bulan saya mengikuti dan menyelesaikan kegiatan kerja
lapangan di kantor DINAS DALDUK & KB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ) di Blora
hasil yang saya dapatkan adalah :
1.
Dapat membantu mengarsip surat masuk
dan keluar
2.
Dapat membantu menginput belanja
3.
Dapat membantu berkas pencairan
4.
Dapat membantu mempersiapkan rapat
5.
Dapat membantu mengarsip
dokumen-dokumen lama
6.
Dapat membantu mempersiapkan
undangan yang akan beredar
7.
Dapat membantu merekapitulasi hasil
penelitian.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kegiatan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk kami
sebagai siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara kerja di
lapangan sesuai dengan keahlian masing-masing siswa. Sehingga setiap siswa
dapat melihat gambaran mengenai kegiatan bidang usaha dimasa yang akan datang,
sehingga siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang
kerja dan kesempatan kerja. Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik,
instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin
dan cerdas.
Pada praktek
kerja industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), penulis merasa bangga bisa mendapatkan ilmu
yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak
pengalaman.
Tujuan lain
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah menambah wawasan yang luas bagi kami
sebagai siswa-siswi di SMK Negeri 1 Jati, terutama dalam bidang yang
ditempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni di ruangan pemilihan arsip,
penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama
ini, terutama pengetahuan tentang penyusunan laporan ini.
Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian
masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih
kepada Bapak Ferry Irawan selaku pemilik bengkel yang telah bersedia menerima
penulis ada adanya untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan
bersedia mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung.
B. SARAN
Semoga hubungan antar
pegawai tetap terjaga dan saling bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama,
tentunya para siswa dan siswi mendapatkan banyak pelajaran dan memiliki
motivasi untuk tujuan dimasa depannya dan para guru pembimbing dapat memberikan
arahan juga perhatian untuk para siswa dan siswi Prakerin.
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment