LAPORAN
PRAKTIK KERJA
LAPANGAN (PKL)
DI
BENGKEL CA CARAGE MOTOR
DISUSUN
OLEH:
1. MAHENDRA PRSETYO AJI XII TBSM 2
2. ANGGA FAHREZA XII
TBSM 2
3. M. HUKY BAYU
ADI S XII
TBSM 2
PEMERINTAH
PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK
NEGERI 1 JATI
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Kegiatan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan
judul PRAKTIK KERJA LAPANGAN di BENGKEL SELAMET
CA CARAGE MOTOR, telah disetujui dan disahkan pada:
Hari :
Tanggal:
Di : SMK NEGERI 1 JATI
Pembimbing, Pendamping,
SYARIFUDIN H MAULANA
ADITYA, S.Pd.
NIP. - NIP. -
Mengetahui,
Ketua Program Keahlian Kepala
SMK Negeri 1 Jati
SIGIT RIANTO DWI PRASETYO, S.Pd
YUSWANTO,
S.Pd., M.Psi.
NIP. NIP.
19740822 200903 1 003
KATA
PENGANTAR
Dengan
nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, syukur Alhamdulillah
atas hidayah dan inayah-Nya yang telah diberikan, sehingga penulis dapat
menyelesaikan buku laporan PRAKERIN ini. Namun jauh dari sempurna, untuk itu
penulis memohon maaf atas banyaknya kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan
buku laporan ini. Tersusunnya buku laporan PRAKERIN ini tentu saja atas bantuan
dan penghargaan dari Bapak atau Ibu Guru beserta teman-teman sekalian. Maka
tiada kata yang pantas diucapkan oleh penulis selain terima kasih, khususnya
kepada :
1. Bapak
Yuswanto, S.Pd., M.Psi., selaku Kepala Sekolah
SMK Negeri 1 Jati.
2. Bapak
Sigit Rianto Dwi Prasetyo,
S.Pd., selaku Ketua Program
Keahlian Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor.
3. Bapak
Maulana Aditya, S.Pd., selaku
pembimbing PRAKERIN yang senantiasa memberi motivasi dan pengarahan.
4. Kedua
orang tua saya yang senantiasa memberi do’a dan mencukupi kebutuhan saya.
5. Teman-teman
yang membantu dan menyusun buku laporan PRAKERIN ini serta memberi saran-saran
yang bermanfaat.
Demikian
ucapan terima kasih kepada semua pihak sehingga penulis dapat menyuguhkan buku
laporan PRAKERIN ini. Semoga ada berguna dan manfaat khususnya bagi penulis
umumnya pada pembaca.
Jati,
06 Juli 2020
Penulis1, Penulis
2, Penulis 3,
Mahendra Prasetya Aji Angga Fahreza M. Huky Bayu Adi S
DAFTAR
ISI
Halaman Judul
......................................................................................................... i
Halaman Pengesahan................................................................................................ ii
Daftar Isi
................................................................................................................... iii
Daftar Gambar .......................................................................................................... iv
Daftar Lampiran ....................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang....................................
................................................................. 1
B. Respon DU/DI....................................................................................................... 1
C. Manfaat PKL......................................................................................................... 2
BAB II PROSES DAN HASIL BELAJAR DI DU/DI
A. Gambaran Umum.................................................................................................. 3
B. Struktur Organisasi ............................................................................................. 3
C. Sejarah Singkat...................................................................................................... 4
D. Proses
Belajar........................................................................................................ 4
E. Hasil
Belajar.......................................................................................................... 5
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................................. 6
B. Saran ..................................... ................................................................................. 6
LAMPIRAN
1. Foto
DU/DI.............................................................................................................. 7
2. Foto
Kegiatan........................................................................................................... 7
3. Jurnal
Kegiatan......................................................................................................... 8
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1.1 Foto DU/DI................................................................................................ 7
Gambar 2.1 Bore UP...................................................................................................... 7
DAFTAR
LAMPIRAN
1. Foto
DU/DI.............................................................................................................. 7
2. Foto
Kegiatan........................................................................................................... 7
3. Jurnal
Kegiatan......................................................................................................... 8
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Praktik
Kerja Lapangan (PKL)adalah suatu bentuk penyelenggara dari sekolah yang
memadukan secara sistematika dari sinkron antara program pendidikan sekolah
dari program penyelesaian yang diperoleh melalui kegiatan profesional. Dimana
keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsure utama
yaitu ilmu pengetahuan, teknik, dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat
dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada. Sedangkan kita tidak
dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung
pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan sistem ganda dilaksanakan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Melalui
pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang
profesional tersebut. Dimana kami para siswa yang melaksanakan pendidikan
tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dapat dan sekaligus mempelajari
dunia industri. Tanpa dilaksanakan pendidikan sistem ganda ini kita dapat
langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui atau dan kondisi
lingkungan kerja.
Pada
saat ini sekolah kami dituntut untuk dapat lebih memahami teori yang didapat
selama KBM di sekolah dengan mengenal dunia luar atau dunia kerja. Oleh karena
itu, dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya dan
terutama di SMK Negeri 1 Jati. Pada akhir semester satu ini kami siswa SMK
Negeri 1 Jati diwajibkan untuk mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL)(PRAKERIN).
Dimana dengan adanya PKL siswa dapat memperoleh pengalaman tentang dunia kerja
dan siswa dapat menuliskan hasil Prakerin tersebut dalambentuk laporan.
Kegiatan
PKL ini juga merupakan salah satu persyaratan di SMK dan begitu juga di SMK
Negeri 1 Jati, agar siswa dapat membandingkan antara materi di sekolah dengan
dunia kerja.
B.
Respon DU/DI
DU/DI
merespon baik akan adanya siswa - siswi Praktik Kerja Lapangan dan
para pegawai di tempat DU/DI mau untuk mengajarkan dan membantu siswa - siswi prakerin
dan senang terhadap adanya siswa - siswi Praktik Kerja Lapangan karena dapat
membantu untuk sedikit meringankan pekerjaan para pegawai yang ada di tempat DU/DI.
C.
Manfaat PKL
Manfaat Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai
berikut :
1) Meningkatkan pengetahuan siswa pada
aspek-aspek usaha yang profesional dalam lapangan kerja antara lain struktur
jenjang karir dan teknik.
2) Mengimpelementasikan antara pendidikan di
sekolah dan di luar sekolah.
3)
Diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga baik guna memperbaiki
dengan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
4) Untuk
mencapai visi dan misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jati.
BAB
II
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN/INDUSTRI
A.
Gambaran Umum
CA
GARAGE Motor merupakan perusahaan yang
bergerak di bidang otomotif yang menyediakan pelayanan jasa bengkel dan
spare-part. CA GARAGE Motor telah dikembangkan dengan metode Perbengkelan
sepeda motor yang lebih kompeten dan berdaya saing.
Dengan hadirnya bengkel yang handal
perkembangan Bengkel CA GARAGE Motor telah menunjukan ketangguhannya dalam
dunia persaingan perbengkelan, dan berdasarkan poling masayarakat sekitar
bengkel yang telah menjadi konsumen, Bengkel CA GARAGE Motor merupakan Bengkel umum baik di wilayah Jln Randublatung Cepu km 5,
oleh karena itu kami sebagai team manajemen telah merumuskan untuk langkah
kedepan dan untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat baik segi
kualitas service dan harga sparepart pada tahun 2019-2020.
B.
Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI BENGKEL CA GARAGE MOTOR
|
PEMILIK
SYARIFUDIN H
|
MONTIR
1. SYARIFUDIN H
2. SYARIFUDIN NURCAHYONO
|
C. Sejarah Perusahaan
CA
GARAGE Motor adalah bengkel motor yang didirikan oleh Bapak Syarifudin H.
Bengkel ini beralamat di Jln
Randublatung Cepu km 5. Berkat kegigihan dan ketekunan beliau Bengkel CA
GARAGE Motor memiliki dua orang karyawan
yang handal di bidang perbengkelan. CA GARAGE Motor menawarkan beberapa jasa
dan barang sperti service motor, ganti oli, aksesoris, sparepart dll.
Visi
dan Misi Perusahaan
Sebagai
salah satu bengke CA GARAGE Motor yang menekankan segi kualitas dengan
berkomitmen untuk memberikan layanan dan solusi terbaik bagi pelanggan.
Komitmen itu tercemin dalam visi dan misi perusahaan untuk menjadi bengkel yang
terpecaya.
1) Visi
Menjadi bengkel yang terpercaya dan ahli dibidangnya,
serta memiliki
standar autorized.
2) Misi
$ Melengkapi fasilitas
bengkel sesuai dengan kemajuan teknologi otomotif.
$ Melaksanakan pelatihan
SDM secara berkesinambungan untuk meningkatkan kemampuan personel bengkel agar
dapat mengangani segala jenis dan merk kendaraan.
$ Mengembangkan
Standarisasi, agar tercipta hasil kerja, biaya perawatan dan perbaikan serta
pelayanan yang sama di seluruh jaringan bengkel CA GARAGE Motor.
$ Menciptakan terobosan
dan konsep baru serta melakukan survei untuk mengetahui indeks kepuasan
pelanggan dan program peningkatan unit entry bengkel.
$ Mengembangkan jaringan
bengkel CA GARAGE Motor di seluruh kota-kota besar di Indonesia.
$ Meningkatkan Income
bengkel, kesejahteraan karyawan dan keuntungan bagi perusahaan atau para
investor.
$ Melakukan kerjasama
dengan pihak lain dalam rangka menciptakan “One Stop Service” dan peningkatan
profit Bengkel.
$ Menciptakan “Green
Workshop”, dengan senantiasa menjaga kebersihan dan kerapian bengkel sehingga
tidak merusak lingkungan hidup.
$ Meningkatkan disiplin
kerja dan loyalitas karyawan pada perusahaan agar tercipta iklim kerja yang
efektif dan efisien di bengkel.
D.
Proses Belajar
Selama
proses pembalajaran para siswa di ajarkan berbagai hal seperti melayani para pelanggan
yang akan service karbu, ganti busi, ganti oli, dan cara untuk melakukan
service karbu, ganti oli, ganti busi. Selama pembelajaran siswa di ajarkan
berbagai hal yang tidak di ajarkan di Sekolah dan mempelajari hal- hal baru.
E.
Hasil Belajar
Dalam
belajar di DU/DI siswa mengetahui jenis- jenis kegiatan sehari-hari di lokasi
PKL memberi siswa untuk mendapat pengalaman yang belum di dapat di sekolah dan dapat
mengetahui situasi kondisi perusahan bengkel yang sebenaranya, menambah
pengetahuan tentang DU/DI, dapat mengunakan alat- alat kerja yang belum di
ketahui di Sekolah, meningkatkan Kedisplinan dan menjadi pribadi yang lebih
baik, dapat mengetahui cara melayani pelanggan, untuk mengetahui perbedaan
antara lingkungan DU/DI dengan lingkungan sekolah dan membantu siswa untuk
mempersiapkan diri untuk ke dunia kerja bila lulus nanti.
Adapun
hasil kegiatan yang saya kerjakan sebagai berikut :
1) Service karbu
2) Ganti busi
3) Ganti oli
4) Cara melakukan service karbu :
- Ambil peralatan yang
dibutuhkan
- Pasang standar dua
- Membuka dek sepeda motor
- Lepaskan aliran bensin
- Lepaskan karbu
- Lepaskan bagian karbu
- Lalu bersihkan menggunakan kuas dan bensin
- Keringkan menggunakan angin kompresor
- Pasang kembali semua bagian karbu dan
sambungkan selang bensin
- Pasang kembali dek motor dengan kencang
- Cek kembali kenyamanan sepeda motor
5) Cara melakukan ganti oli :
- Tempatkan motor pada tempat ganti oli
- Siapkan kunci yang diperlukan
- Buka tutup oli
- Buka baud pembuangan oli
- Tunggu oli sampai kering pada mesin
- Semprotkan angin kedalam mesin
- Tutup kembali baud oli pembuangan pada mesin
- Masukan oli baru
- Tutup kembali tutup oli pada mesin
- Naikkan oli dengan cara diengkol
- Nyalakan mesin
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kegiatan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk
kami sebagai siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara
kerja di lapangan sesuai dengan keahlian masing-masing siswa. Sehingga setiap
siswa dapat melihat gambaran mengenai kegiatan bidang usaha dimasa yang akan
datang, sehingga siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan
peluang kerja dan kesempatan kerja.
Dalam
dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya
memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada
Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis
melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) penulis merasa bangga bisa
mendapatkan ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh
banyak pengalaman.
Tujuan
lain Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah menambah wawasan yang luas bagi kami
sebagai siswa-siswi di SMK Negeri 1 Jati, terutama dalam bidang yang
ditempatinya. Adapula tempat yang disukai yakni di ruangan pemilihan arsip,
penulis bisa belajar dan dapat mengetahui yang belum penulis dapatkan selama
ini, terutama pengetahuan tentang penyusunan laporan ini.
Praktik
Kerja Lapangan (PKL) telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian
masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih
kepada Bapak Syarifudin H selaku pemilik bengkel yang telah bersedia menerima
penulis ada adanya untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan bersedia
mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung.
B.
Saran
Semoga
hubungan antar pegawai tetap terjaga dan saling bekerjasama dalam mencapai
tujuan bersama, tentunya para siswa dan siswi mendapatkan banyak pelajaran dan
memiliki motivasi untuk tujuan dimasa depannya dan para guru pembimbing dapat
memberikan arahan juga perhatian untuk para siswa dan siswi Prakerin.
No comments:
Post a Comment